Monitoring dan Evaluasi KSPAN di 25 sekolah di Kota Denpasar

» 2013-10-10 15:29:22 | 760 pembaca
Sebagai bentuk dukungan dalam mencapai target MDG’s 2015, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar telah melakukan upaya-upaya dalam menekan laju penyebaran virus HIV dan AIDS dalam bentuk sosialisasi baik melalui media cetak, elektronik, penyuluhan ke beberapa sektor masyarakat maupun pendidikan sekolah (SMP dan SMA). Pendidikan HIV-AIDS bagi remaja sekolah dengan dibentuknya Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) di Kota Denpasar memberikan intervensi maupun kontribusi positif dalam membentuk karakter siswa menjadi remaja yang peduli terhadap isu-isu HIV-AIDS, Kespro maupun Narkoba. Dilihat dari data kasus HIV-AIDS di Bali, sebagian besar kasus yang tercatat dan ditemukan berasal dari kelompok usia reproduktif. Data yang diketahui dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali kumulatif dari tahun 1987 sampai Mei 2013 hampir sekitar 41,48% berasal dari kelompok umur 15-29 tahun. Mengindikasikan perlu adanya program yang tepat sasaran guna menekan kasus baru HIV-AIDS khususnya pada kelompok umur ini.
KSPAN atau lebih dikenal sebagai Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba merupakan salah satu program yang diprakarsai untuk menyasar remaja-remaja sekolah dalam bentuk pemberian informasi dan edukasi kepada remaja sekolah. Ada sekitar 67 sekolah yang sudah dilatih dalam pembentukan tutor sebaya di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta di Kota Denpasar. Guna melihat efektivitas program KSPAN yang sudah berjalan dari tahun 2008 sampai sekarang maka perlu dilaksanakan adanya Monitoring dan Evaluasi KSPAN.
Pada bulan ini, KPA Kota Denpasar melaksanakan Monitoring dan Evaluasi kepada hampir 25 sekolah tingkat SMA-SMK dan SMP baik Negeri dan Swasta yang ada di Kota Denpasar. Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan selama 2 hari pada hari Kamis (10/10) dan Sabtu (12/10). Tim Monitoring dan Evaluasi berasal dari Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar (KPAD) bekerjasama dengan Forum Guru Pembina KSPAN Kota Denpasar (FGPKSPAN) dan LSM Remaja yang bergerak dalam pemberian informasi dan konseling remaja (KISARA PKBI Bali). Tim Monev bergerak dari pukul 07.30 WITA sampai selesai dengan pembagian tim menjadi 5 kelompok yang langsung bergerak ke masing-masing sekolah. Monitoring dan evaluasi juga dilakukan sebagai awal persiapan pelaksanaan lomba KSPAN tingkat SMA-SMK dan SMP di Kota Denpasar. Nantinya, sekolah yang menjuarai lomba KSPAN akan mewakili Kota Denpasar ke Tingkat Provinsi Bali. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


228641

Pengunjung hari ini : 8
Total pengunjung : 28941

Hits hari ini : 31
Total Hits : 228641

Pengunjung Online: 1


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478