Monitoring dan Evaluasi Pokja Lokasi

» 2013-10-04 01:25:19 | 604 pembaca
Guna menekan laju penyebaran infeksi baru HIV dan AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Desa Kesiman Petilan, Puskesmas II Denpasar dan Yayasan Kerti Praja melakukan monitoring dan evaluasi pokja yang berlokasi di Padanggalak. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (4/10) pada pukul 10.00 Wita sampai 13.00 Wita dilakukan guna memberikan arahan kepada Pekerja Seks Perempuan (PSP) yang ada di lokasi tersebut. Arahan disampaikan terlebih dahulu oleh Kepala Desa Kesiman Petilan terkait dengan keharusan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Sementara (KIPEM) pada masing-masing pekerja “apabila ada yang tidak memiliki KIPEM akan segera kami tindak tegas oleh petugas terkait, tindakan yang kami berikan tidak hanya dalam bentuk himbauan tetapi akan kami kembalikan ke daerah asalnya” begitu ujarnya.
Monev yang dihadiri hampir sekitar 100 orang tersebut, tidak hanya melibatkan PSP saja tetapi juga germo atau pengelola wisma di lokasi tersebut. Dalam kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Perda Penanggulangan HIV Nomor 1 Tahun 2013 yang lebih banyak membahas beberapa point penting mengenai kewajiban melindungi diri dari ancaman HIV dan AIDS, pencegahan HIV di tempat hiburan,sanksi-sanksi yang diberlakukan serta pengobatan yang bisa harus dilakukan ODHA. KPAD tidak henti-hentinya menghimbau germo atau pengelola wisma agar senantiasa memeriksakan “anak buah” nya ke layanan kesehatan setiap 3 bulan sekali. Pada kesempatan ini, pihak layanan yaitu Puskesmas II Denpasar Selatan dan Yayasan Kerti Praja menjabarkan mengenai hasil pemeriksaan PSP di lokasi padaganggalak dan nama wisma yang jarang memeriksakan anak buahnya ke layanan. Wisma-wisma yang jarang atau tidak mau bekerjasama untuk memeriksakan anak buahnya ke layanan akan segera ditindak tegas oleh Sat Pol PP. Tindakan bisa dalam bentuk apapun selama pihak wisma tidak mau diajak berkoordinasi atau bekerjasama.
Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk ditujukan untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja pokja dalam upaya pelaksanaan Pencegahan HIV melalui Transmisi Seksual yang menekankan pada 1) Peningkatan peran positif pemangku kepentingan 2) komunikasi perubahan perilaku 3) Manajemen pasokan kondom 4) Penatalaksaan infeksi Menular Seksual (IMS). Point ke 3 dan 4 menjadi point penting fungsi pokja didalamnya. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


221292

Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 26839

Hits hari ini : 485
Total Hits : 221292

Pengunjung Online: 2


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478