Pertemuan Rencana Kegiatan HAS 2013

» 2013-10-04 01:23:58 | 1495 pembaca
Hari AIDS Sedunia yang setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 1 desember, tahun ini juga akan diperingati sesuai dengan tema yang diusung. Berbeda dengan peringatan Hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day Tahun 2012 yang bertema “Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS”. Untuk tahun 2013, tema yang diangkat yaitu “Cegah HIV dan AIDS! Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa” dengan Sub tema yaitu 1) Pencegahan HIV & AIDS di Lingkungan Kerja, 2) Meningkatkan kinerja dunia usaha, masyarakat dan pemerintah serta melindungi kesehatan keluarga menuju kesejahteraan bangsa, 3) Perlindungan terhadap hak untuk mendapatkan akses, serta 4) menciptakan lingkungan yang kondusif, bebas stigma dan diskriminasi.
Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar (KPAD) berencana mengadakan kegiatan dengan melibatkan beberapa praktisi yang bergeliat di bidang HIV-AIDS selain juga melibatkan beberapa lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan HAS 2013. Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa LSM dan Layanan kesehatan di sekretariat KPA Kota Denpasar, Jl. Melati No. 21 pada Jumat (4/10) membahas mengenai gambaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tanggal 1 desember tersebut. Untuk tahun ini, memang secara khusus peringatan HAS 2013 akan berfokus pada pencegahan infeksi baru melalui penguatan keluarga dan perlindungan terhadap pekerja. Konsep "Getting to Zero: Zero New HIV Infection. Zero Discrimination. Zero AIDS–related death" tetap diusung sebagai panduan dan acuan dalam pelaksanaan peringatan HAS karena memang outcome yang ingin dicapai adalah konsep ini.
Nantinya, rencana pelaksanaan kegiatan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya namun yang berbeda untuk tahnn ini direncanakan adanya seminar melibatkan Serikat Pekerja sesuai dengan tema yang diusung, selain itu kegiatan yang rutin seperti donor darah maupun pemberian bantuan kepada ODHA juga tetap diagendakan. Selain itu, ada rencana pelaksanaan mobile VCT ke beberapa pusat perbelanjaan di Denpasar tujuannnya adalah memberikan ruang pada masyarakat umum yang merasa berisiko untuk mau dan bersedia melakukan tes HIV. Tes HIV di Kota Denpasar bisa diakses di beberapa layanan di Denpasar, tidak hanya di RS Pemerintah dan klinik swasta tetapi juga pada layanan puskesmas di masing-masing kecamatan di Kota Denpasar. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


225507

Pengunjung hari ini : 6
Total pengunjung : 28036

Hits hari ini : 9
Total Hits : 225507

Pengunjung Online: 1


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478