Remaja GWL : Kesetaraan dalam keberagaman

» 2013-08-28 12:41:25 | 723 pembaca
Pasca dibentuknya pokja remaja GWL Bali dengan mengukuhkan jajaran pengurus Pokja GWL Remaja Bali. Yayasan GAYa Dewata sebagai sebagai salah satu organisasi berbasis komunitas GWL di Bali dengan fokus pada upaya penanggulangan HIV-AIDS di Bali telah berhasil membentuk pokja GWL Remaja Bali dimana program kerja mereka lebih kepada bagaimana merangkul komunitas remaja LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Dari data penjangkauan yang dilaksanakan oleh Yayasan GAYa Dewata selama ini diketahui hampir sekitar 35% kasus HIV-AIDS yang ditemukan pada sub populasi kunci Gay, Waria dan LSL tergolong pada kelompok umur 15-24 tahun. “ Maka dipandang perlu untuk membentuk suatu wadah atau kelompok kerja yang bisa memberikan dampak positif untuk menekan laju penyebaran virus” ujar Program Manager Yayasan GAYa Dewata disela-sela presentasinya.
Pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan remaja komunitas GWL berjalan dari pukul 10.00 wita sampai 14.00 wita pada (28/8) di Gedung WM Yayasan Kerti Praja menggambarkan mengenai beberapa point menyangkut kesepakatan bersama kelompok kerja yang berisi mengenai bagaimana upaya pencegahan yang bisa dilakukan komunitas guna melindungi diri untuk tidak tertular atau menularkan pasangannya, tentu saja penggunaan kondom 100% dan pemeriksaan sedini mungkin menjadi point utama dalam hal ini begitu dikemukakan Ryan selaku Ketua Pokja GWL Remaja Bali. Pada kesempatan ini juga dibuat suatu bentuk program kerja kedepan dari pokja serta visi dan misi organisasi Pelangi Muda Dewata. Pelangi Muda Dewata merupakan suatu organisasi yang dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan bakat, kreatifitas dan inovasi dari komunitas remaja LGBT di Bali. Dalam kinerjanya akan seiring berjalan dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh Pokja Remaja GWL. “Tentu saja, peran dan andil yang besar sangat kami butuhkan dari instansi terkait seperti Komisi Penanggulangan AIDS Denpasar dan Badung khususnya dalam memfasilitasi adanya keberadaan komunitas dengan goal terciptanya kesehatan bersama”.
Selama ini Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar sudah melakukan kerjasama yang cukup baik dengan beberapa yayasan guna menggencarkan upaya promotif dan preventif bagi kelompok populasi kunci guna menekan angka kasus HIV-AIDS. Hal ini tidak akan bisa berjalan efektif apabila tidak didukung oleh LSM dan organisasi komunitas. Diharapkan nantinya program kerjasama ini akan terus bisa dilanjutkan serta ditingkatkan. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


228646

Pengunjung hari ini : 8
Total pengunjung : 28941

Hits hari ini : 36
Total Hits : 228646

Pengunjung Online: 1


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478