Koordinasi Program LSL 2013

» 2013-08-30 12:35:16 | 683 pembaca
Dalam usaha peningkatan dan penguatan program LSL di Kota Denpasar, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar telah melaksanakan program yang menyasar populasi kunci seperti Gay, Waria dan LSL. Dalam pelaksanaanya untuk menekan laju penularan HIV-AIDS dan IMS khususnya pada populasi GWL di Kota Denpasar. Program-program baik bersifat promotif dalam bentuk pemberian informasi, Diskusi Interaktif Kelompok, Penyuluhan serta mengaktifkan pemberian informasi melalui media eletronik dan non eletronik telah gencar dilaksanakan dengan harapan pengetahuan dan pemahaman populasi kunci mengenai pencegahan sedini mungkin bisa diterapkan dan tentu saja imbasnya dengan sadarnya populasi kunci untuk mengakses layanan dan melakukan tes sedini mungkin.
Pertemuan yang dihadiri oleh hampir lebih 50 orang peserta di ruang Bappeda Kota Denpasar pada (30/8) tidak hanya menghadirkan komunitas-komunitas dari GWL tetapi juga petugas lapangan dari yayasan yang bergerak dibidang penanggulangan HIV di Kota Denpasar, namun juga pengelola program IMS dan VCT di Kota Denpasar. Terdapat 3 layanan puskesmas yang nampak hadir pada pertemuan koordinasi kali ini diantaranya Puskesmas II Denpasar Barat, Puskesmas II Denpasar Utara, Puskesmas I Denpasar Timur. Klinik IMS Kencana PKBI Bali dan klinik VCT Gumitir PKBI Bali juga berkesempatan hadir sebagai salah satu layanan swasta yang sering diakses oleh komunitas. Dalam kesempatannya, Sekretaris KPA Kota Denpasar menyampaikan apresiasi terhadap komunitas karena sudah melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan KPA Kota Denpasar. “ Selama ini program LSL di Kota Denpasar didukung oleh bantuan asing yaitu HCPI dan program kemungkinan akan berjalan sampai bulan September. Selebihnya, kami usahakan agar program tetap berlanjut dengan bantuan dana dari APBD” begitu ujarnya.
Pertemuan yang berlangsung hampir 2 jam itu, mengulas mengenai hasil pemeriksaan dan kunjungan komunitas ke layanan VCT dan IMS serta hambatan-hambatan yang terjadi selama ini di lapangan. Terjadi peningkatan jumlah kunjungan dalam pemeriksaan IMS secara rutin setiap 3 bulan sekali. “ Hasil Survey Cepat Perilaku juga menunjukkan adanya peningkatan kesadaran pemakaian kondom pada populasi GWL yang mencapai 60%, hasil yang cukup memuaskan dan semoga tetap bisa dipertahankan kalau perlu ditingkatkan “ ujar Direktur Yayasan GAYa Dewata disela-sela pertemuan tersebut. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


221297

Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 26839

Hits hari ini : 490
Total Hits : 221297

Pengunjung Online: 2


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478