Pembentukan Pokja GWL Remaja Bali

» 2013-08-20 12:30:12 | 548 pembaca
Salah satu isu penting masalah kesehatan di dunia dan masyarakat dunia adalah penyakit menular HIV-AIDS. Dari data kasus HIV-AIDS yang ada di Kota Denpasar pada bulan Maret 2013 terdata hampir sekitar 95% berasal dari kelompok usia muda yang berasal dari rentang usia produktif 15-24 tahun. Dalam pertemuan yang dilaksanakan dari pukul 09.30 wita sampai 15.00 wita dihadiri oleh Kepala Seksi P2 Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Pengelola Program KPA Kabupaten Badung dan Pengelola Program LSL KPA Kota Denpasar berlangsung dengan cukup baik. Pertemuan pada (20/8) di gedung WM Yayasan Kerti Praja dimulai dengan sambutan yang disampaikan Dinas Kesehatan Kota Denpasar dihadiri oleh sekitar 28 orang peserta yang berasal dari remaja GWL yang ada di Bali.
Dalam sambutannya tersebut disampaikan perihal “Pergerakan HIV di Indonesia saat ini telah berubah dari Low Epidemic menjadi Concentrated Epidemic dengan jumlah kasus terbanyak pada kategori usia antara 15 – 49 tahun. Penularan Epidemi HIV dan AIDS di Indonesia terkonsentrasi pada populasi kunci berasal dari dua cara penularan utama yaitu transmisi seksual dan penggunaan napza suntik. Guna menekan laju penyebaran HIV dan AIDS melalui transmisi seksual diberlakukan program pencegahan melalui transmisi seksual yang diketahui dengan PMTS Paripurna. PMTS Paripurna tidak hanya menekankan pada pencegahan yang berfokus pada populasi kunci seperti WPSL, WPSTL, Pria Berisiko Tinggi, Penasun, tetapi juga pada komunitas GWL (Gay, Waria dan LSL)” ujar Ariani dalam sambutannya.
Dilihat dari angka kasus yang cukup tinggi pada kategori usia relatif produktif yaitu 15-49 tahun maka pembentukan pokja GWL khususnya remaja dipandang perlu untuk menyikapi penambahan laju epidemic HIV dan AIDS khususnya populasi kunci remaja. Terbentuknya Pokja GWL remaja diharapkan dapat memberikan implikasi yang positif dalam menjangkau serta memberikan informasi dan edukasi pada populasi kunci remaja GWL. Adanya PE GWL Remaja terlatih merupakan cikal bakal terbentuknya pokja GWL Remaja Bali yang bisa memberikan fungsi aktifnya dalam pergerakan remaja GWL Bali nantinya. “Saya harapkan terbentuknya pokja GWL Remaja di Bali bisa memberikan kontribusi dalam program-program penanggulangan HIV AIDS di Bali.” Ujarnya. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


264299

Pengunjung hari ini : 18
Total pengunjung : 38482

Hits hari ini : 39
Total Hits : 264299

Pengunjung Online: 1


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478