Supervisi dan Koordinasi Program GWL di Bali

» 2013-07-19 12:25:57 | 768 pembaca
GWL INA (Perkumpulan Gaya Warna Lentera di Indonesia) pada hari Jumat (19/7) mengadakan pertemuan supervisi dan koordinasi yang bertempat di Ruang Pertemuan KPA Provinsi Bali, Jl. Melati No. 21 dimana difasilitasi oleh KPA Provinsi Bali. Pertemuan ini diadakan dengan tujuan mengetahui dan menggali capaian dan kendala program LSL (Lelaki seks dengan lelaki) di 10 Provinsi serta meningkatkan sinergisitas dalam bentuk koordinasi dan kerjasama antara pengelola program LSL di Kabupaten/Kota dengan CBO (Community Base Organizer). Dalam pelaksanaannya, program GWL di Indonesia awalnya diinisasi oleh GWL-INA bekerjasama dengan KPAN (Komisi Penanggulangan AIDS Nasional), program ini bisa dikatakan sebagai program kolaboratif antara GWL-INA dengan KPAN dalam merespon trend HIV-AIDS yang terus mengalami peningkatan berdasarkan hasil STBP (Survey Terpadu Biologis dan Perilaku) yang meningkat 2 kali lipat. Demikian disampaikan Tono selaku Seknas GWL-INA dalam pembukaan pertemuan tersebut.
Sebelumnya, Tim Supervisi sudah berkunjung ke KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar) pada hari Senin (16/7) untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program LSL di KPAD. Program LSL di KPA Kota Denpasar sudah berlangsung sejak tahun 2010 dengan dukungan pendanaan HCPI, di dalam pelaksanaannya tetap menitikberatkan pada pencegahan transmisi seksual melalui Program Pencegahan Melalui Transmisi Seksual yang terdiri dari 4 pilar utama yaitu Peningkatan peran positif pemangku kepentingan, komunikasi perubahan perilaku, manajemen pasokan kondom, penatalaksanaan Infeksi Menular Seksual (IMS).
Pengelola program KPA, Pengelola Program LSL dan perwakilan komunitas dari masing-masing kabupaten/kota prioritas yaitu Kota Denpasar, Badung dan Buleleng sebagai pilot project dari program LSL dilibatkan pada pertemuan ini. Dari masing-masing kabupaten/kota yang hadir dilihat capaian program yang sudah dijalankan serta dikaji kembali tantangan serta hambatan selama pelaksanaan program. Penggalian permasalahan yang terjadi di masing-masing Kabupaten/Kota kemudian diambil tindakan atau solusi yang akan dilaksanakan dalam bentuk Rencana Tidak Lanjut (RTL), RTL yang akan dilakukan sebagai pedoman terkait hasil pertemuan koordinasi ini dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab dari pengelola program LSL dengan tetap melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan CBO, perwakilan komunitas serta KPA Provinsi. (DK)


Short URL untuk Postingan Ini: Bagi Ke :


Artikel Terkait

Kalender Event

twitter facebook
Arsip

Twitter


Fans Page Facebook


Statistik Pengunjung


264300

Pengunjung hari ini : 18
Total pengunjung : 38482

Hits hari ini : 40
Total Hits : 264300

Pengunjung Online: 1


Kontak


Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar
Jalan Melati No 21 Dangin Puri Kangin Denut
Email: kpadenpasar@gmail.com
Tlp. 0361.264471 - Fax. 0361 264478